Wednesday, October 30, 2013

Walikota Depok Sambangi Workshop Industri Kreatif Berbahan Baku Sampah

Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail menyambangi workshop industri kreatif  berbahan baku sampah di RT.1 RW.13 Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas Depok, Minggu (27/10/13).

Walikota didampingi Camat Pancoran Mas, Bu Camat Linda (BCL) pada kesempatan tersebut mendapat penjelasan Baron Norwendo, tokoh masyarakat Pancoran Mas yang menaruh kepedulian terhadap lingkungan dan juga sebagai penggagas workshop tersebut.


Baron menjelaskan, sampah yang dipilah dan dijadikan barang kerajinan akan mempunyai nilai jual yang tinggi dibanding dijual secara langsung secara kiloan.

“Disini peserta kita beri pelatihan, bagaimana sampah bisa kita jadikan barang yang mempunyai nilai ekonomis, setelah dipilah. Sampah basah atau organic diolah menjadi pupuk, sedangkan sampah kering atau an organic bisa dijadikan berbagai barang kerajinan,” jelas Baron.

Nur Mahmudi tampak serius memperhatikan penjelasan Baron, dan beberapa kali minta penjelasan secara detail supaya bisa diikuti peserta secara mudah.

“Jelaskan secara lebih rinci lagi, bagaimana sampai terbentuknya pupuk yang tidak bau seperti ini?” pinta Walikota.

Baron dibantu BCL akhirnya memberikan penjelasan secara rinci disertai memperagakan bagaimana teknis mengolah sampah sampai menjadi pupuk.

Disamping mendapat penjelasan cara pembuatan pupuk, Walikota juga mendapat penjelasan tentang cara membuat bahan kerajinan dari berbagai jenis sampah kering.

Peserta workshop tampak bahagia mendapat kunjungan Walikota dan melakukan dialog dengan orang nomor satu di Kota Depok tersebut.

Sumber : depoknews.com