Wednesday, December 10, 2014

Menganyam Sampah Plastik Kemasan "Berbagi Pengalaman dan Keceriaan"

Craft Day, CNOOC. Wisma BEJ lantai 23
Berbagi Pengalaman dan Keceriaan Menganyam Sampah Plastik Kemasan
Kamis, 20 November 2014, kami diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam event Craft Day yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan swasta di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Acara tersebut dikhususkan bagi karyawati yang bekerja di perusahaan tersebut. Di antara beberapa stand parstisipator lainnya, kami diberi 2 stand untuk men-display produk daur ulang kami dan 2 stand lainnya sebagai tempat memberikan pelatihan kepada para hadirin.

Sejak jam 10 kami sudah tiba di lokasi dan segera mulai menyiapkan stand kami. Hingga dibuka secara resmi oleh ketua panitia sekitar jam 11, pengunjung Craft Day semakin banyak. Suasana semakin meriah. Satu persatu pengunjung mendatangi stand kami. Berkenalan dan berdiskusi tentang produk kami. Lumayan banyak produk yang terjual dalam event ini. Para pengunjung sebagian besar tertarik membeli produk yang fungsional dan eksentrik seperti taplak meja, sajadah, tas belanja dan dompet anyaman ukuran S.

Di stand pelatihan, suasana jauh lebih ceria lagi. Di masing-masing stand yang dijaga oleh bu Halimah dan bu Hikmawati, berganti-ganti pengunjung berlatih menganyam plastik kemasan. Di selingi canda tawa, para pengunjung sangat antusias mengikuti arahan dari bu Halimah dan bu Hikmawati yang juga sangat telaten memberikan arahan. Setiap selesai membuat jepitan sederhana yang terbuat dari 8 lembar sachet plastik bekas kopi, setiap peserta dengan bangga langsung memakai jepitan hasil karyanya dan menunjukkan kepada kawan-kawannya yang lain. Begitu antusiasnya, sehingga waktu hampir 2 jam ternyata tidak cukup untuk mengakomodasi rasa penasaran para pengunjung. Di saat sebagian pengunjung sudah mengantri untuk makan siang, stand kami masih sibuk melatih beberapa orang yang datang belakangan.

Di antara pengunjung juga ada yang menyampaikan keinginannya untuk membangun program pemanfaatan sampah secara kreatif ini di lingkungan rumah mereka.
Kami sangat berbahagia dapat mengikuti acara seperti ini. Terima kasih bu Rini dan bu Nuri, atas kesempatan yang diberikan kepada kami.

#sampahjadikeren
#fromgarbagetohero
Twitter: @banksampahwpl
Fan Page: Bank Sampah WPL
WA: 081294742033