Wednesday, January 9, 2013

Mengapa kita harus memilah sampah kita?


Setiap orang dari kita memiliki peran penting untuk berperan dalam mengurangi jumlah timbunan sampah di tempat pembuangan sampah. Sortasi sampah untuk didaur ulang atau kompos adalah cara yang efisien untuk mengurangi sampah.

Tapi kenapa kita harus melakukannya?

Karena kebiasaan mengkonsumsi kita telah berkembang jauh sejak generasi sebelumnya. Kita mengkonsumsi lebih intens berbagai produk baru yang tersedia di pasar dan akibatnya, kita memproduksi limbah dengan jumlah yang semakin meningkat. Namun ternyata, beberapa jenis sampah dapat didaur ulang atau dibuat kompos.

Karena limbah yang berakhir di tempat pembuangan sampah menghasilkan biogas dan lindi TPA (Leachate) yang berbahaya untuk air yang kita minum dan udara yang kita hirup. Biogas mengandung senyawa utama metana, gas rumah kaca yang 25% lebih kuat bahwa karbon dioksida (CO2), tentu saja ini berbahaya.

Karena pengelolaan limbah dari sampah kita adalah sebuah cara hidup yang bersih, yang menunjukkan seberapa besar kita menghargai orang-orang terdekat kita. Keputusan menyortir Limbah yang kita lakukan hari ini akan mendorong anak-anak kita untuk belajar dan mempengaruhi kualitas hidup generasi mendatang.

Lalu dengan cara bagaimana kita harus memilah sampah kita?
Melalui 3 cara: 
  • Daur ulang
  • Pengomposan
  • Mengubur

Ayo,.. Mari kita hidup lebih sehat, untuk kita dan generasi mendatang! :)