Monday, July 6, 2015

Jurnal Kegiatan Komunitas WPL - Februari 2015


8 Februari 2015: Pertemuan Link WPL.
Dalam rangka saling bertukar motivasi dan pengalaman, kami mengadakan pertemuan dengan sesama penggiat bank sampah. Link Bank Sampah WPL merupakan bentuk pertemanan. Tidak ada unsur bisnis di alam link ini. Dalam pertemuan, kami berbagi cerita tentang perjalanan bank sampah kami masing-masing dan berbagi informasi tentang kemungkinan-kemungkinan pengembangan bank sampah. 

15 Februari 2015: Kunjungan ke Bu Yennie Bank Sampah MyDarling.
Salah satu berkah mengelola dan menyebarkan ide bank sampah adalah bertambahnya teman. Kami memiliki teman yang sangat impresif, atraktif dan kreatif dalam ‘menyulap’ sampah menjadi berbagai produk yang bermanfaat. Bu Yennie adalah pengelola Bank Sampah MyDarling yang berlokasi di Jl. Sultan Agung no. 20, Jakarta Selatan. Kami berkenalan lewat media sosial dan baru sekali berjumpa langsung di ajang Climate Change 2013 di JCC. Kami saling mengetahui kegiatan masing-masing melalui status-status yang kami posting di media sosial. Di hari Minggu, 15 Februari 2015, kami berkesempatan untuk berkunjung ke kediaman bu Yennie. Tanpa pemberitahuan sebelumnya, jam 8 pagi kami sudah menyambangi rumah bu Yennie. Keberkahan lain berkenalan dengan sesama aktivis persampahan adalah kami tiada pernah merasa rugi untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman. Tidak ada nuansa persaingan, yang ada adalah nuansa kerja sama dan kolaborasi. Saat pulang kami dioleh-olehi cendera mata yang terbuat dari sampah plastik kemasan dan melihat-lihat workshop Bank Sampah MyDarling. Semoga ada kesempatan berkolaborasi nyata dengan MyDarling

Kunjungan ke Bank Sampah MyDarling
.
18 Februari 2015: Kunjungan Belajar SDI Asih Auladi ke Bank Sampah WPL.
Salah satu hal yang membahagiakan adalah bisa menyampaikan pemikiran tentang pengurangan dan pemanfaatan sampah secara kreatif kepada siswa-siswa sekolah dasar. Di hari Selasa, 18 Februari 2015, kami dikunjungi oleh siswa SDI Asih Auladi, Depok. Mereka berkunjung ke Bank Sampah WPL dalam rangka menanamkan pemahaman dan membangun kesadaran untuk memilah sampah dan memanfaatkan sampah secara kreatif.
Siswi kelas 1 Elephant Sekolah Alam Depok dengan boneka wayang dari kotak susu
18 Februari 2015: Membuat Mainan Bergerak dari Kotak Susu di Kelas 1 elephant di Sekolah Alam Depok.
Dalam satu hari di waktu sama, kami juga harus menjadi fasilitator bagi siswa kelas 1 Elephant, SD Sekolah Alam Depok (SADE). Penanaman pentingnya memilah sampah dan memanfaatkannya secara kreatif, kami arahkan dengan cara membuat mainan bergerak dari bahan kotak susu UHT. Siswa laki-laki kami ajak membuat mobil-mobilan dan siswa perempuan kami arahkan membuat boneka wayang. Antusiasme dan kegembiraan terpancar jernih di wajah semua siswa setelah berhasil membuat sendiri mainan mereka dari kotak susu bekas.


19 Februari 2015: Seminar Eksklusif Garbagepreneurship di Komunitas Inovator Sosial.
Memanfaatkan hari libur nasional, Komunitas Inovator Sosial menggelar seminar kecil untuk memperkenalkan Garbagepreneurship kepada sekitar 20 orang penggerak lingkungan. Bertempat di Ghra Inovator, Pondok Labu, 

 Garbagepreneurship di SMAN 12 Depok
20 Februari 2015: Penyuluhan Pemilahan Sampah di SMAN 12 Depok
Berkolaborasi dengan anak-anak muda dari Earth Hour Depok, kami berkesempatan berbagi dengan siswa-siswa SMA Negeri 12 Depok. Kebiasaan memilah sampah harus dibangun sejak dini. Anak-anak muda diharapkan akan menjadi unsur perubah. Jika mereka bersemangat membangun perilaku memilah sampah, maka mereka akan dapat menjadi penggerak dan contoh bagi generasinya.


 Poster pemenang Recyclove
21 Februari 2015: Recyclove Berkolaborasi dengan Stars Entertainment
Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2015, berkolaborasi dengan Stars Entertainment kami menyelenggarakan ajang Recyclove. Sebuah ajang ekspresi bebas para pegiat bank sampah untuk mengekspresikan harapan dan kebanggannya tentang pengelolaan sampah. Sebanyak 15 peserta mengikuti lomba membuat poster dan presentasi content poster di atas panggung. Teknisnya sederhana. Poster sudah harus diterima oleh panitia dua hari sebelum hari ‘H’ melalui Whatsapp atau email. Pada hari ‘H’, setiap peserta mempresentasikan content posternya dengan berbagai cara di atas panggung. Ada yang dengan puisi, lagu, edukasi dan bahkan stand up comedy. Acara ini digelar di Depok Town Square.



Kelas Lingkungan Earth Hour Depok
21 Februari 2015: Kelas Lingkungan ‘Garbagepreneurship’ Eart Hour Depok
Secara bersamaan, kami diundang sebagai narasumber pada Kelas Lingkungan yang diselenggarakan oleh Earth Hour Depok. Acara digelar di Cafe Ekspresi IMJ, Depok. Dalam kesempatan yang diikuti oleh sekitar 60 peserta ini, kami membangkitkan semangat peserta untuk memulai perubahan perilaku dengan cara memilah sampah secara kreatif. Juga mengajak generasi muda untuk mengembangkan potensi kewirausahaannya melalui garbagepreneurship.

Bersama Heru "Rajaneresik' Susanto

22 Februari 2015: Hari Peduli Sampah Nasional di Kota Tangsel
Hari tersebut, kami bersilaturrahmi ke peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Di acara yang digelar di halaman Baikota Tangerang Selatan ini kami berkesampatan berdiskusi dengan Bapak Heru ‘Rajaneresik’ Susanto, pakar pengolahan sampah organik dan pelaku urban farming. 


28 Feb – 8 Maret 2015: Islamic Book Fair
Difasilitasi oleh seorang sahabat, kami berkesempatan memamerkan produk dan membuka workshop kerajinan berbahan baku sampah di arena Kids Zone, Islamic Book Fair.