Monday, September 16, 2013

Inilah Tiga Panduan Memulai Bank Sampah

Bank Sampah adalah sebuah gerakan swadaya masyarakat untuk mengajak warga mengurangi volume sampah melalui upaya memilah dan memanfaatkan sampah yang masih memiliki nilai ekonomi. Berikut tiga panduan bagi komunitas atau warga masyarakat yang ingin memulai program Bank Sampah.

1. Pembentukan tim pengelola

Tim pengelola akan menjadi lokomotif yang mengajak dan menggerakkan warga untuk turut serta menyukseskan program Bank Sampah. Agar berjalan dengan menyenangkan dan berkesinambungan, tim ini dapat terdiri dari 5 orang yang masing-masing berperan sebagai, Ketua/Direktur (1 orang), Sekretaris/Administrasi (1 orang), Bendahara/Kasir (1 orang), teller/Pemilah (2 orang).


2. Persiapan teknis pelaksanaan

Selanjutnya tim pengelola mempersiapkan berbagai aturan teknis pelaksanaan, antara lain


Menyusun prosedur menabung
Membuat peraturan pengambilan tabungan
Penetapan jenis sampah yang dapat diterima dan nilai kurs tabungan
Menetapkan jadwal operasional Bank Sampah
Membuat perjanjian kerja sama dengan Bank Sampah induk atau pengepul
Menyiapkan peralatan standar, seperti timbangan, buku kas, buku tabungan dan ATK.

3.  Panduan Memulai Bank Sampah

Agar program Bank Sampah mendapat dukungan dari warga sekitar, maka dilakukan sosialisasi dan publikasi. Sosialiasasi kepada pengurus lingkungan dan warga diharapkan dapat membangun motivasi dan kesadaran warga untuk menangani sampah secara mandiri di rumah masing-masing. Publikasi dilakukan untuk memberikan informasi jasa dan teknis pelaksanaan Bank Sampah. Agar terbangun paradigma dan perilaku yang benar dalam menangani sampah, upaya sosialisasi dan publikasi ini harus dilakukan secara terus-menerus sebagai langkah edukasi.

*Penulis adalah Baron Noorwendo, The Garbagepreneur Bank Sampah WPL Depok. Jl. Makam no. 96, Kp. Pitara RT 01/13, Pancoran Mas, Kota Depok 16436. Untuk pelatihan dan info lebih lanjut tentang pengelolaan sampah yang mudah dan murah, bisa hubungi  021-91182035, WhatsApp 081294742033, email: baron.nwd@gmail.com, blog: banksampahdepok.blogspot.com