Tuesday, October 1, 2013

Atasi Masalah Sampah Dengan Pilah Kelola Sampah

Sampah masih menjadi masalah tersendiri di kota Depok.  Pilah kelola sampah dari sisa rumah tangga merupakan salah satu alternatif  efektif untuk menangani sampah. Selain menjaga kebersihan, memilah sampah juga dapat meraih keuntungan secara ekonomi.

Baron Noorwendo, The Garbagepreneur dari Bank Sampah WPL Depok  mengatakan, pengelolaan sampah diawali dari kepedulian setiap orang untuk menanganinya dengan benar sejak dari sumbernya.


“Kurangi volume sampah dengan memilah menjadi tiga bagian: plastik, kertas dan sisa makanan,” ujarnya kepada depoknews.com.

Lebih lanjut Baron mengatakan, untuk meningkatkan nilai ekonomi pada sampah dan mempermudah kegiatan penanganan sampah dibutuhkan cara untuk menanganinya.  Menurutnya, dengan di setiap rumah menyediakan tiga kotak sampah yang bertuliskan  “Plastik”,”Kertas dan Kaleng”, “Sisa Makanan” akan mempermudah untuk memisahkan sampah organik dan non organik.


“Manfaatkan sampah non organik untuk tiga manfaat: ditabung atau dijual, disedekahkan, dan bisa dijadikan bahan baku industri kreatif,” imbuhnya.

Cara melakukan kelola sampah organik yang mudah dan murah menurut Baron dengan menyediakan lubang biopori, kemudian diolah dengan komposter metode Osaki, selain itu memelihara ikan lele juga bisa membantu mengurangi limbah rumah tangga dengan cara murah dan tidak bau.

“Untuk pelatihan bisa hubungi Baron Noorwendo the Garbagpreneur, 081294742033, Whatsapp 02191182035,  Alamat Bank Sampah WPL: Jl. Makam no. 96, Kp. Pitara RT 01/13, Pancoran Mas, Kota Depok,” tutupnya.