Friday, February 20, 2015

Recyclove

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari, Komunitas WPL bersama Stars Entertainment Menyelenggarakan Recyclove.

21 Februari 2005 dini hari, terjadi tragedi yang memilukan di TPA Leuwigajah, Bandung, Kota Administrasi Cimahi. Di tengah guyuran hujan, tumpukan sampah setinggi 30 meter longsor. Menimpa 137 rumah di Desa Batujajar Timur, Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung dan 2 rumah di Desa Leuwigajah, Cimahi. Longsoran tersebut menewaskan sekitar 143 orang.



Tragedi ini merupakan potret kelam pengelolaan sampah di Indonesia. Berkaca pada tragedi ini, setiap tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah (HPS). Peringatan ini merupakan wujud komitmen kita bersama untuk menghindari bencana yang diakibatkan oleh pengelolaan sampah yang kurang baik dan tidak berwawasan lingkungan.

Untuk membangun kebersamaan dan menampilkan potensi seni para aktivitas pengelola bank sampah dan aktivis lingkungan di kota Depok dan sekitarnya, Komunitas WPL bekerja sama dengan Stars Entertainment menyelenggarakan Recyclove. Bertempat di Depok Town Square (Detos), pada hari Sabtu, 21 Februari 2015, pukul 11.00 – 17.00 wib. Acara ini dikemas dalam bentuk lomba poster yang diikuti oleh 15 komunitas penggiat bank sampah dan aktivis lingkungan. Peserta lomba poster diberikan kebebasan berekspresi dalam membuat poster yang bertema umum tentang lingkungan. Poster yang dibuat, dikirimkan melalui Whatsapp (no. 081294742033 atau email baron.nwd@gmail.com) ke panitia sebelum tanggal 21 Februari. Selanjutnya, pada tanggal 21 Februari 2015, setiap peserta lomba poster akan diberikan kesempatan naik ke atas panggung untuk memperkenalkan komunitasnya dan mempresentasikan posternya dengan ekspresi seni bebas. Peserta boleh mempresentasikan dengan puisi, lagu, yel-yel, orasi dan bentuk ekspresi lainnya.

Acara Recyclove akan dilengkapi dengan demo pemanfaatan kertas bekas oleh Enigami, pemanfaatan kaos bekas oleh Soul Art dan demo pembuatan kompos cair dengan cara yang praktis oleh Eco Nature. Tentunya semua demo ini akan sangat berguna bagi kita semua sebagai bentuk kontribusi kita mengurangi volume sampah.

Recyclove juga akan dimeriahkan oleh atraksi kreatif dari beberapa komunitas kreatif di Kota Depok. Dimulai dengan aksi para penari tradisional. Hiburan dilanjutkan dengan aksi freestyle basket oleh Depok Stars Crew dan atraksi permainan yoyo oleh Depok Yoyo Club.

Di akhir acara akan dibacakan pemenang lomba poster dan pembacaan deklarasi komitmen untuk memanfaatkan sampah secara kreatif.

Rugilah kalo nggak dateng...