Monday, March 2, 2015

Komunitas WPL Menggelar Taman Baca Buku di Taman Lembah Gurame

#lembahgurame_bacabuku

Komunitas WPL merupakan induk dari Bank Sampah WPL. Komunitas WPL memiliki empat bidang program utama, yaitu Garbagepreneurship, Kuliner, Kolaborasi Kommunitas Kreatif dan Pendidikan.

Program pendidikan digulirkan sejak bulan September 2014. Hingga saat ini, program pendidikan Komunitas WPL sudah memiliki tiga kegiatan, yaitu:
  1. Taman Belajar Pancoran Mas, bekerja sama dengan Yayasan Rumah Peradaban. Dimulai sejak bulan September 2014.
  2. Bimbingan Belajar #kamimandiri, merupakan layanan bimbingan belajar kepada anak asuh di panti asuhan. Untuk sementara, Bimbingan Belajar #kamimandiri sudah berjalan di Yayasan Panti Asuhan Ar-Ridho yang berlokasi di Jl. Caringin, Kelurahan Rangkepan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas Depok. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak bulan Oktober 2014.
  3. Taman Baca Buku di Taman Kota. Dimulai sejak 11 Januari 2015 di Taman Lembah Gurame, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.
Taman Baca Buku di Taman Kota diwujudkan sebagai kontribusi Komunitas WPL dalam mengajak warga masyarakat memanfaatkan taman kota dengan kegiatan yang kreatif, sehat dan mencerdaskan. Selain memanfaatkan buku-buku koleksi pribadi, kami juga mendapatkan buku yang kami peroleh dari tabungan para nasabah bank sampah WPL. Tabungan berupa buku tidak kami jual dan juga tidak didaur ulang. Buku-buku tersebut kami pilah kembali. Untuk buku-buku pelajaran sekolah, kami berikan kepada mereka yang membutuhkan secara Cuma-cuma. Buku-buku ilmu pengetahuan, majalah, buku bacaan anak-anak dan novel, kami manfaatkan untuk digelar di Taman Baca Buku di Taman Kota.

Taman Lembah Gurame kami pilih sebagai tempat kegiatan pertama. Sebagai ciri khas, kami memopulerkan tagar #lembahgurame_bacabuku melalui media sosial Facebook, Twitter dan juga Whatsapp. Update kegiatan setiap minggu kami unggah ke media-media tersebut. Taman Lembah Gurame terletak di Jalan Gurame Raya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Taman ini hanya berjarak sekitar 1,5 km dari domisili Komunitas WPL. Di taman ini, pada bulan Ramadhan 2014 kami mengadakan acara FREAK Depok.

Sejak 11 Januari 2015, setiap hari Minggu sore  jam 16.00 – 18.00 wib, kami menggelar taman baca di Taman Lembah Gurame. Berbagai jenis buku yang layak dibaca oleh anak-anak, remaja dan orang tua bisa dibaca secara cuma-cuma. Secara sederhana, kami menggelar buku di atas rumput. Jika hari hujan, kami menggelar buku di saung di pinggiran danau.

Ternyata, antusiasme pengunjung begitu luar biasa. Sejak hari pertama, banyak warga yang berkunjung untuk membaca. Ada beberapa keluarga membaca bersama. Ada yang berdiskusi dengan anaknya perihal  buku yang mereka baca. Ada pula yang menemani anaknya yang asyik membaca sambil menyuapi makan sore.Ditambah lagi dengan anak-anak balita yang  bermain beberapa permainan keterampilan yang tersedia. Ada lagi beberapa kenalan yang datang untuk menambahkan koleksi buku-buku dan bahkan mainan anak-anak.

Di hari cerah, pengunjung yang membaca buku dan bermain bisa mencapai 50-60 orang. Sungguh kebahagiaan besar kami rasakan, bahwa dengan buku-buku yang mungkin bagi sebagian orang sudah tidak berguna, ternyata informasi dan ilmu yang tertulis masih bermanfaat bagi mereka yang dapat menghargainya.

Dengan pengalaman ini, kami berharap semakin banyak warga masyarakat yang peduli terhadap sampah maupun barang-barang bekas yang dimilikinya. Dengan sedikit upaya, barang-barang bekas tersebut dapat dimanfaatkan. Melalui program Hi Brankas..!!! (Hibah  Barang Bekas), Bank Sampah WPL siap membantu anda untuk memberi nilai tambah atas barang-barang bekas tersebut.
Hubungi segera Bank Sampah WPL melalui HP atau Whatsapp 081294742033.

#lembahgurame_bacabuku
#sampahjadikeren